CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 22 Desember 2011

Student Exchange

Setiap tahun Bina Antarbudaya menerima dan mengirim putra-putri terbaik yang secara serius berminat dan memenuhi persyaratan, tanpa membedakan agama, ras, suku, maupun latar belakang sosial, ekonomi untuk dapat tinggal dan belajar baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek di berbagai negara, antara lain : Amerika Serikat, Australia, Belanda, Belgia, Italia, Jepang, Jerman, Norwegia, dan Swiss.


Mengikuti proram pertukar pelajar ke manca negara adalah program yang banyak diminati oleh pelajar dari seluruh pelosok Indonesia. Program tersebut adalah AFS (American Field Service), Yes (Youth Exchange Studies), dan Jenesys (program ke Jepang) masing-masing untuk satu tahun, namun juga ada program Jenesys untuk dua minggu. Karena program ini terbatas untuk beberapa orang saja dan juga cukup bergengsi maka tentu saja setiap peminat harus punya persiapan yang matang untuk memenangkan seleksi penyisihan.


Apa manfaatnya.?
Pengalaman adalah guru yang terbaik. Begitu kata pepatah. Dari sekian banyak pengalaman yang berharga, hidup di negeri orang dengan budaya, kebiasaan dan lingkungan yang berbeda sembari belajar merupakan pelajaran hidup yang tak ternilai.


Dengan berpartisipasi menjadi seorang pertukaran pelajar, kita dihadapkan pada "realitas" lain yang mengesankan, sekaligus menegangkan. Mengesankan karena kita dapat berjumpa dengan banyak sahabat dan keluarga dari bermacam-macam negara dan berbagai latar belakang. Menegangkan, karena meski kita menjadi "tamu", kita tetap harus dapat menyesuaikan dan membawakan diri terhadap lingkungan di sekeliling kita.


Paling tidak ada 3 manfaat yang dapat secara langsung dirasakan oleh para peserta pertukaran pelajar. Pertama, menempa kemandirian dan kedewasaan. Mandiri untuk tinggal dan dapat survive ditengah budaya dan lingkungan yang berbeda. Kedua, lebih menghargai hubungan antar manusia dengan empathy, caring serta memiliki kesadaran bahwa kita hidup di satu bumi. Ketiga, mendapatkan kemampuan bahasa asing sekaligus teman dan sahabat dari banyak negara.

0 komentar:

Posting Komentar